Tuesday, December 27, 2011

Honorable Mention of The Year: Ardi Wilda





*posting ini adalah posting Hybrid, akan menggabungkan boso Jowo dan bahasa Indonesia*


Sebelum lanjut nulis, aku mesti ngomong ini, We.


"Ora, aku mesti nulis iki nggo kowe. Aku ga peduli kamu mau ngomong iki akal-akalan ku opo piye tapi aku mesti nulis iki."



Awe namanya. Ardi Wilda nama panjangnya. Nama lengkapnya saya agak lupa-lupa ingat (ampun we). Dia senior saya setahun. Pertama kali saya lihat penampakannya waktu OSPEK. Nenteng kamera Nikon segede gaban terus motret dari berbagai arah. Dari depan, belakang, manjat kursi, pokoke ning ngendi-ngendi. Tujuannya waktu itu motret salah satu temen angkatan saya (ngerti yo we jenenge sopo, ra sah tak tulis yo). Di akhir masa Ospek Awe sengaja membuat satu penghargaan khusus buat wanita pujaannya itu :p


"Anak aneh" pikir saya waktu itu (tenanan). Iya, kowe ki aneh We. Apalagi dengan dandananmu waktu itu. Kemeja flanel, celana jeans, kacamata yang selalu terlihat berembun mbuh kenapa sebabnya, dan muka yang selalu terlihat habis terbakar matahari.


Tapi mbuh piye carane aku sering ketemu kowe yo We. Mungkin karena dulu kowe mesti ono ning kepel, ngobrol karo Willy lan Rocky lan Mas Gilang opo karo Mas Brama. Terus mbuh piye ceritane aku mbukak Multiply mu. Dan aku terpana. Awe di tulisan dan Awe di dunia nyata adalah dua pribadi yang berbeda. Nek Howard Rheingold kenal kowe sebelum nulis Virtual Identity kethoke kowe bakal jadi judul bukunya itu. Yooo paling ora, dadi kovere lah, lumayan tho.


Terus aku makin kagum pas aku wawancara kowe. Inget ga? di kepel waktu itu. Yang pas wawancara ono wae pengganggune. Si Dwi nyilih opo lah, mesen mie ayam sik lah, sampai kepel yang lagi berisik-berisiknya (ah aku kangen jagongan ning kepel lho). Kowe ki cerdas. Omonganmu berbobot. Kowe punya visi ke depan. Bukan, bukan cuma buat hidupmu tapi juga buat negara ini. Ya tho? Buktinya kamu bahagia banget pas keterima Indonesia Mengajar. Abot po omonganku? Tapi itu kenyataannya.


Tahun ini kowe akeh banget menyibukkanku. Ngajaki dolanan 31 Hari Menulis, yang maksa aku mesti nulis mben dino. Ngajaki nggawe cerpen, yang belum juga ditamatkan. Ngajaki nggawe kunci gara-gara kunci motormu ilang mbuh ning endi. Ngrungokke curhatanmu lah. Ngepit sore-sore muteri Teknik. Masang spanduk buat pendadarane Willy. Sampai menjerumuskanku ning postingan Person of The Year versimu. Tapi yo aku gelem-gelem wae yo. Mbuh kenapa.




Kadang aku mikir ngene, kowe ki kakak laki-laki yang tidak pernah aku punyai. Ojo ngguyu. Kowe ki wangun, cetho. Kowe ki random, ho oh ncen. Kowe ki marmos, ra ono sing marmose koyo kowe. Sopo jal sing mbengi-mbengi WhatsApp opo YM opo SMS tapi isine mung "Yoona!""Yoona ayu banget Cum!"? Yo mung kowe, We. Padahal kowe ngerti dewe aku ora seneng karo Yoona. Tapi yo teteeeeeep wae dikirim  -_____-


Tapi aku iso ngobrol opoooo wae karo kowe. Cerita mobil, cerita Top Gear, cerita Spurs, cerita SNSD, cerita ide artikel, opo wae. Kowe iso ngece-ngece aku dan sebaliknya. Aku jujur wae yo we, sering aku berpikir men iso koyo kowe. Opo kuwi istilahe yo...oh iki I've grown up watching your back. Yo kuwi lah.


Saiki kowe lagi dadi guru ning Margajaya. Mbuh wong ngomong opo tapi kowe bakal jadi Pak Guru yang baik (we, jadi guru yang baik bukan pekerjaan yang gampang) dan dikenang masyarakat sana. Yakin lah. Kowe nduwe pengalaman & ide-ide yang luarrrrr biasa. Tenan lah.


Iki janjiku buat kamu we. Nek kowe wes rampung bertugas, aku bakal ning bandara, menyambutmu dengan poster gede bertuliskan "Selamat datang Pak Guru Awe."

No comments:

Post a Comment