Tuesday, January 3, 2012

My Top 10: J-Drama Actresses

I love Japanese dramas. Enggak ding. I looooooooooooooooooooooooooooove Japanese dramas. Entah dari segi ceritanya yang unik, kualitas pengambilan gambarnya, skrip nya yang oke, jumlah episode yang mentok-mentoknya cuma 12, maupun akting pemainnya yang brilian, drama Jepang (atau biasa disebut dorama) selalu meninggalkan kesan yang dalam untuk saya (walau efek sampingnya adalah berkurangnya kapasitas Sooyoungie).


Seperti yang pernah saya posting sebelumnya, salah satu determinan (tsah) pemilihan dorama adalah orang yang bermain di dalamnya. Nah nama-nama di bawah ini adalah aktris dorama favorit yang selalu menjadi magnet untuk saya untuk menonton aktingnya. Some of them are quite young, and some of them are quite tante  (baca: berumur) :p


Oshh, hajime!





10. Mizukawa Asami
Shizuka!

Saya pertama kali melihatnya di dorama Last Friend and this girl caught my ear. Iyes, kamu tidak salah baca. She has a distinctive and sweet voice. Dengan suaranya yang unik itu, sebenarnya dia punya potensi untuk sukses di bidang tarik suara. Namun Mizukawa-san memilih jalur yang berbeda, and she’s good at it.  Kemampuan akting pemeran Shizuka di rangkaian iklan terbaru Toyota ini  mengagumkan. Segala genre mampu dia babat dengan meyakinkan. Mulai dari Nodame Cantabile hingga yang semacam Last Friend pernah dibintanginya. Yang menyenangkan, Mizukawa-san tak hanya terjebak di satu stereotype peran tertentu. Mulai dari karakter pemain biola yang berkharisma hingga seorang ibu muda mampu dia bawakan dengan baik.

Tonton dia di: Last Friend, Nodame Cantabile, Inu wo Au to Iu Koto, Godhand Teru.

9. Kichise Michiko

kenapa posenya sama semua? err nevermind
Jika ada tante-tante 36 tahun yang masih kelihatan oke dengan rambut bob ala Demi Moore atau Lady Di Sunny SNSD sepertinya ya cuma Kichise Michiko. Tante asal Fukouka ini cuantiiiiiik sekali and seems never age. Tidak hanya bermodal tampang, wanita yang menjadi model untuk Nivea dan Danone ini juga aktingnya mantap. She has this certain aura that makes her the real scene-stealer. Beneran deh, kita pasti notice kehadirannya.
Tante kelahiran 17 Februari 1975 ini familiar dijumpai di dorama bergenre thriller ataupun crime. Jadi carilah tante ini di dorama semacam itu. Dan mungkin karena dia sangat keren memainkan karakter antagonis sekalinya si tante jadi protagonis saya merasa, errr, agak aneh.

Tonton dia di: Bloody Monday 1-2, BOSS season 1, Guilty – Akuma to Keiyakushita Onna, Liar Game 1-2.

8. Kuninaka Ryoko


Kawaii, desu ne?
Peraih penghargaan Best Smile of The Year  tahun 2001 dan tak heran jika kehadirannya selalu mencerahkan suasana. Kehadiran wanita dari Okinawa ini selalu mencuri perhatian di setiap drama yang dibintanginya. She’s another scene-stealer tapi dalam bentuk yang berbeda dari Kichise Michiko. Aktris 32 tahun ini mencuri perhatian dengan senyumnya yang muanis sekali. Tidak cuma senyumnya saja, spoke person Toshiba ini juga mampu menghadirkan beragam ekspresi yang kesemuanya terlihat natural. She’s the definition of “kawaii”.

Tonton dia di: Hotaru no Hikari season 1, Minna Mukashi wa Kodomo Datta, Kekkon Dekinai Otoko, Madonna Verde, Brother Beat.

7. Shinohara Ryoko


Dor!
Another Ryoko in this list. Setiap kali melihat Shinohara Ryoko, bawaan saya rasanya ingin ngalem. Duh…apa ya bahasa Indonesia untuk istilah ini? Semacam kagum yang kagum banget banget. Imej tante satu ini di kepala saya adalah keren. Tapi level kerennya beda dengan Amami Yuki. Jika Amami-san keren dalam arti dia cewek yang tough dan cocok jadi polisi, maka Shinohara Ryoko merupakan perwujudan wanita mandiri pekerja keras yang sukses. 


Wanita berusia 39 tahun ini biasa memerankan tokoh yang masih single di usia 30-an. Saya harus bilang ini, “Gosh! She’s so independent and cool!”. Di setiap dorama yang dibintanginya, saya selalu terpesona dengan pembawaaannya. Perpaduan mandiri, tangguh, dan agak slengean membuat dia terlihat sangat keren dalam setiap perannya. 

Tonton dia di: Ogon no Buta, Kanojotachi no Sentaku, Unfair.

6. Yoshitaka Yuriko

Yuriko and her "blank" stares
Aktris kelahiran 22 Juli 1988 ini biasa memerankan karakter yang “weird”. Entah itu sebagai gadis delusional yang merasa diawasi oleh Thanatos, idol yang lari dari tanggung jawab, atau cewek yang hobi mengoleskan mayones di setiap makanannya dan bernyanyi “Korako no Korake” setiap saat. Kadang saya ga ngerti pemilihan job yang dilakukannya. But  nevermind ‘cause she’s so good at it. Seringkali saya membandingkannya dengan Kuriyama Chiaki. Bukan apa-apa, soalnya mereka berdua memiliki aura yang sama gelapnya. Jadi bayangkan suram dan gelapnya suatu dorama atau film saat mereka berdua ada dalam satu produksi yang sama (tonton Ashita No Kita Yoshio saja)

Tonton dia di: Ashita no Kita Yoshio, Love Shuffle, Tenten: A Drift in Tokyo, Noriko’s Dinner Table, Watashi ga Renai Dekinai Riyuu.



5. Kuriyama Chiaki


Mungkin kalo perawatan pake Shiseido, kulit saya bisa semulus doi
Jika imej Yoshitaka Yuriko adalah “suram”, maka imej Kuriyama Chiaki adalah “seram”.  Sebagian besar dari kita mengenalnya sebagai cewek psycho yang mengejar-ngejar Umma Thurman dengan hammer ball di film Kill Bill (yup, that GoGo girl) atau sebagai Chigusa di Battle Royale. Entah kenapa perannya kebanyakan menyerempet psycho dan dekat dengan kematian. Mungkin bawaan mukanya yang terkesan seram. Dengan tatapan mata yang tajam dan muka tirus, Chiaki sangat cocok untuk peran antagonis. Toh kenyataan berbicara lain. Aktris asal Chiba ini mampu memerankan berbagai macam peran. She’s good to play with expression. Dia bisa terlihat mempesona di satu waktu dan menjadi ganas dalam sekejap mata. Rubber-faced Chiaki, itu julukan yang baru-baru ini disematkan pada bintang Shiseido ini. Chiaki dapat menjadi apa saja dan tidak hanya itu, dia memiliki kharisma yang luar biasa. Kampeki!


Tonton dia di: Ashita no Kita Yoshio, Kanojotachi no Sentaku, Atami no Sousakan, Kill Bill vol.1, Battle Royale, Exte.

4. Shibasaki Kou

Yang tengah siapa hayo?
Lagi-lagi wanita bermata seram jebolan Battle Royale. Kita mengenalnya sebagai Souma Mitsuko, cewek yang “senang” membunuh teman-temannya dengan machete di film kontroversial itu. Tak lama berselang Kou main di Chakuushin Ari, film yang tidak jauh-jauh dari kematian. Time passed and I’ve seen her in “Good Luck” dan, jika tidak melihat matanya yang khas, saya tidak akan bisa mengenalinya. Aktris yang nama aslinya Yamamura Yukie ini merupakan salah satu aktris papan atas di Jepang. Tak lain dan tak bukan karena kemampuannya menghidupkan berbagai macam karakter .Dia bisa menjadi wanita rapuh di Orange Days, mekanik pesawat terbang yang dingin di Good Luck, dan detektif yang agak “blank” di Galileo.

Oh ya, selain hebat berakting dia juga punya bakat menyanyi. Suaranya pun juga tidak bisa dibilang jelek (jika dibandingkan, misalnya, dengan Jessica SNSD).




Tonton dia di: Battle Royale, Orange Days, Good Luck, dr Koto Shinryojou, Chakuushin Ari, Galileo, Diplomat Kuroda Kousaku.

3. Amami Yuki

Si Boss!
“Bossu!” itulah kata yang pertama kali muncul setiap kali mengingat Amami Yuki. Yup, karakter Osawa Eriko di serial BOSS adalah pemicu ketertarikan saya pada si Bos ini. Tante umur 43 tahun ini adalah jebolan Takarazuka, sebuah teater bergengsi di negeri Sakura sana. Jadi untuk kualitas akting rasanya tidak perlu dipertanyakan. Saksikan saja drama dan film yang pernah dibintanginya. Aktris yang bernaung di agensi Ken-On ini seringkali diplot untuk memainkan peran wanita yang tough, independen, dan masih single. What makes her different from the rest adalah kharismanya yang luar biasa, yang membuat setiap karakter yang diperankannya bernyawa and you’ll be amazed by their coolness. Cantik, terkenal, berkharisma, dan memiliki kemampuan akting luar biasa. Amami Yuki adalah paket komplit yang bisa dimiliki seorang aktris.   




Tonton dia di: Amalfi, GOLD, BOSS 1-2.




2. Karina


Karina itu keren
“Aiai…osarusan dayou” adalah lagu yang mengingatkan saya akan Karina. Yup bungsu dari klan Nose ini saya lihat pertama kali saya lihat di Love Shuffle (a VERY GOOD dorama but I’ll talk about it later). Saat itu saya mengira jika dia adalah Shibasaki Kou karena wajah mereka sekilas hampir sama. But it turns out to be Karina. Saya sangat suka dengan karakternya di dorama itu dan mulai mencari serial dan film yang dibintanginya. Dan ya, sejak saat itu saya mengidolakannya. Karina bisa menghidupkan setiap karakter yang dia perankan dan membuatnya terlihat KEREN. Mulai dari Aiai yang fabulous,  Misaki yang glamor, maupun Fujii yang kaku dan tomboy, kesemuanya terlihat keren saat ditonton, dan itulah yang membuat saya tidak bisa menolak dorama yang dibintanginya. Karina is fabulous and fabulous is Karina.

Tonton dia di: Love Shuffle, Freeter, Ashita no Joe, Watashi ga Renai Dekinai Riyuu.


1. Toda Erika


Kakak Toda, kyaaaa




Code Blue dan Hiyama Mihoko adalah awal perkenalan saya dengannya. Memulai karier dari dunia model, Toda kini menjadi salah satu aktris muda paling bersinar di Jepang. Aktris kelahiran 17 Agustus 1988 ini mampu bermain dalam genre apa saja. Mulai dari drama, psychology thriller, atau yang menjadi favoritnya akhir-akhir ini yaitu genre detektif/polisi. Di benak saya, kakak satu ini cocok untuk memerankan karakter protagonis yang sedikit judes, aneh, dan suka menggerutu, seperti perannya di SPEC atau BOSS.  Makanya saya sedikit shock saat melihat Toda berperan sebagai wanita kalem di Taisetsuna Koto bla bla bla itu wa Subete Kimi Ga Oshiete Kureta (panjang!). Tidak…..tidak….imej Toda Erika di benak ini hancur berkeping keping T____T

Dan kalo dipikir-pikir lagi, kakak satu ini ada di hampir di setiap dorama yang saya miliki. Habis gimana, doi oke sih.

Tonton dia di: Code Blue 1-2, Liar Game 1-2, SPEC, BOSS 1-2, Ryuusei no Kizuna, Death Note movies.

Yak itulah nama-nama yang hampir pasti ada dalam setiap dorama yang saya miliki. Apa? Perlu dibuat yang versi aktornya? Err nanti ya kalo saya sudah lulus  selo. 

ciao amigo!

No comments:

Post a Comment