Monday, May 21, 2012

Pertolongan Pertama Pada Saat Flu Menyerang


Itu laptop saya. Di ujung sana.

Pernah sakit flu? Saya pernah, sering sekali malah.  Saya tahu jika flu akan menyerang jika:

a. Frekuensi bersin meningkat.
b. Tenggorokan sakit
c. Meriang.
d. Hidung tersumbat.
e. Mengalami semua gejala di atas.

Ngomong-ngomong saya mudah terkena flu. Kena hujan sedikit, flu. Musim pancaroba, flu. Naik kereta eksekutif, flu. Bolak-balik masuk ruangan ber-AC, flu. Kayaknya saya lebih sering kena flu daripada ditaksir orang.

Namun begitu saya jarang sekali ke dokter karena 1) saya sudah sering sekali sakit flu dan 2) pergi ke dokter berarti ada kemungkinan DISUNTIK. Oh mama oh papa, saya paling benci dengan benda yang bernama jarum suntik (beneran deh, apa bagusnya sih jarum suntik? kenapa juga masi dipake?). Nah berdasarkan dua alasan tersebut dan bertahun-tahun berkawan bergelut dengan flu saya memliki peralatan perang untuk penyakit ini.

Jadi apa sajakah alat-alat perang yang harus disiapkan jika flu menyerang?

1. Redoxon

Sedia payung sebelum hujan, they said. Minuman effervescent ini memiliki kandungan vitamin C + Zinc tinggi yang konon katanya berguna untuk membangun daya tahan tubuh. Saya biasa minum segelas Redoxon di pagi hari  jika merasa badan sudah mulai meriang dan hidung mulai tersumbat.

2. Panadol Cold & Flu.

Obat yang biasa saya minum di saat beraktifitas. Kenapa Panadol Ijo? Gampang, karena obat ini tidak membuat mengantuk. Jadi aktifitas tetap berjalan dan gejala flu bisa diredakan. Win-win.

3. Neozep Forte

Nah obat ini saya minum saat malam. Karena Neozep mengandung antihistamin maka sudah pasti obat ini membuat mengantuk. Maka dari itulah obat ini biasa saya minum di malam hari agar saya bisa beristirahat.

4. Bye-Bye Fever/Kool Fever/Plester penurun demam lainnya.

Plester kompres demam ini selalu dipakai karena biasanya saya selalu terkena demam tinggi selama 1-2 hari. Pemakaiannya gampang, tinggal lepas plastik dan  tempel di jidat. Saya biasa pakai 1-2 lembar, jika lagi bokek biasanya selembar saya gunting menjadi dua. Untuk menambah efek pendinginannya, plester ini bisa disimpan di kulkas. Plester ini terbukti ampuh untuk menurunkan demam. Trust me, it works.

5. Vicks Vaporub.
"5.300" itu bukan bagian dari logo. Bukan...
Gejala flu biasanya diawali dengan badan pegal-pegal ga jelas dan meriang. Balsem ini ada untuk mengatasi itu. Saya biasa memakainya sebagai obat gosok sebelum tidur. Cukup dengan dibalurkan ke daerah punggung, perut, tenggorokan, dan telapak kaki. Selain untuk obat gosok, Vicks Vaporub juga bisa melegakan hidung tersumbat. caranya dengan mencampurkannya dengan air panas semangkok dan hirup uapnya. Meler meler dah tuh.


Begitulah pertolongan pertama pada saat flu menyerang versi saya.  Manjurkah? Yah saya bilang sih manjur, buktinya setelah kemarin saya tumbang, saya sudah berkeliaran lagi hari ini. "PON!" kata Mariko-sama sih…

1 comment: