Sunday, May 13, 2012

Ragam Makanan di Kala Hajatan

Oh ya jadi ceritanya ini menyambung cerita yang kemarin. As I've stated before, saya pulang untuk mengunjungi acara pernikahan saudara. Dan seperti yang sudah-sudah, tak lengkap kondangan jika belum makan-makan. Dan alangkah ruginya kondangan jika saya "cuma" makan bakso dan es dawet. Maka dari itu saya berkeliling untuk mencari makanan dari katering. Voila…I found them.
Ngomong-ngomong soal makanan di acara hajatan, saya jadi tersadar ada beberapa makanan yang selalu ada di setiap acara hajatan. Dan inilah dia si jali-jali eh bukan inilah dia tiga jenis dari menu "wajib" tersebut: 

1. Nasi Kebuli



Pasti ditemui di setiap hajatan. Entah itu arisan, halal bi halal, atau pernikahan. Nasi kebuli adalah nasi yang diberi bumbu rempah khas Arab (ketumbar, jintan lada, pala, kayu manis, bawang merah, bawang putih) dan disajikan dengan irisan daging kambing dan taburan kismis atau bawang goreng. Jika dibuat sesuai resep aslinya, rasa bumbunya sangat kuat dan dominan. Anda bisa tersedak jika tidak terbiasa dengannya.

2. Marag

Marag adalah gulai kambing yang dimasak dengan bumbu rempah arab. Kaldunya berwarna hijau agak kekuning-kuningan sebagai efek bumbu rempah. Biasanya disajikan dengan potongan tomat agar rasanya lebih segar dan menambah daya tarik makanan ini. Rasanya? Dengan teknik yang benar, anda dijamin akan berkata "ajibbb" saat menikmatinya.

3. Kambing Masak Merah


Pada dasarnya ini adalah kari kambing yang diberi pasta tomat di kuahnya. Bagian yang biasa digunakan adalah hati dan ampela. Makanan yang patut dihindari bagi saya, pembenci segala macam jeroan.

Dan sepanjang pengamatan saya sih tiga makanan di atas selalu ada di setiap acara hajatan. Mengingat citarasa sangat diperhitungkan, maka kualitas rasa masakan tersebut mau tidak mau akan diperbincangkan. Jika lezat, pasti dipuji, namun jika bermasalah, apalagi jika dagingnya masih bau "prengus", maka well, bersiaplah jadi bahan gosip.
Kelaparan berat
But one thing for sure, setiap pulang dari acara hajatan saya pasti akan mengukur tensi dan kadar kolesterol. Kambing men :|

BGM: Come September - Natalie Imbruglia
Cemilan: Air mineral

1 comment: