Wednesday, May 9, 2012

You Know You're Old When....

Hari ini, tumben-tumbennya, saya tidak memutar lagu AKB, SNSD, T-ARA, atau apapun lagu jedak-jeduk di pagi hari. Entah kenapa saya lagi ingin sekali memutar Natalie Imbruglia. Rasanya seperti….saya tidak akan sanggup menjalani aktifitas hari ini sebelum memutar lagu mbak Natalie.

Maka saya pun memutar lagu penyanyi asal Australia ini. Pilihan saya jatuh pada Wrong Impression".  Singel album "White Lillies Island" ini saya putar berulang-ulang, dari mulai saya mau bikin kopi sampai selesai mandi dan dandan yang wangi. Dan entah kenapa saya juga merasa harus memutarnya di iPod. And I found myself humming this song while lacing my shoe.

"Calling out, calling out. Haven't you wondered why I'm always alone when you're in my dreams, la la la la la~"
Dan tetiba datanglah salah satu anggota trio kwek-kwek, sebutan saya untuk sekumpulan anak kos angkatan 2011 yang hebring bener, menyapa saya.

Dia: Mbak Maya, itu lagu yang daritadi mbak setel lagunya siapa e? Bagus deh.
Saya: Ini? Ini tuh lagunya Natalie Imbruglia.
Dia: Siapa tuh mbak?
Saya: Ehhh…kamu ga tahu Natalie Imbruglia?
Dia: Enggak.
Saya: itu lho yang nyanyi….Torn. *nyanyi bagian reff Torn*
Dia: Itu lagu apa mbak?
Saya: Torn! Masa ga tahu Torn!?
Dia: wah nggak tahu e mbak. Masih kecil kayaknya aku waktu lagu itu keluar.

Wajar saya sampai berapi-api, oh oke nggak berapi-api, maksudnya sampai kaget anak itu sungguh-sungguh tidak tahu dengan Natalie Imbruglia. She was like Lady Gaga this day. Oke, Natalie tidak seaneh seeksentrik Lady Gaga pun albumnya tidak semeledak pelantun Alejandro itu. But…she was the real deal back then. Ya kan? Coba siapa yang ga kenal Torn coba. Atau Wrong Impression. Atau That Day.

Sumber masalah
It's not the first time. Suatu kali saya mendendangkan lagu "Selamat Jalan Kekasih"-nya Rita Effendi, Saya pun memperoleh pertanyaan serupa.

Entah beberapa kali saya cuma termangu melihat teman-teman saya heboh menyanyikan lagu Jessie J (oke saya googling namanya dia ini), terus pelantun joget shuffling, atau lagu yang isinya siul-siulan, duh apa itu judulnya…ada Jagger Jaggernya itu. I absolutely have no idea the song they sung about.

Saya akui urusan update musik-musik level saya nol. Lagu baru yang saya tahu kebanyakan dari AKB48. Atau SNSD. Atau T-ARA. Atau Davichi. Atau Amuro Namie. Atau Hamasaki Ayumi. Pokoknya dari scene J-Pop atau K-Pop. Musik global? Nol. Okelah saya punya album barunya Lara Fabian atau Celine Dion dan hafal "Vertigo"-nya U2 di luar kepala. Tapi kan...

Namun kalimat terakhir dari anak itu serasa menampar saya. I think I'm getting old.

#youknowyoureold. Saat mulai menghabiskan banyak waktu untuk mengaplikasikan make up. Menutupi lingkaran hitam di mata, menutupi jerawat, meratakan bedak.

#youknowyoureold. Saat gaya bahasamu mulai baku. "Kayaknya" diubah menjadi "Sepertinya". "Mendingan" diubah menjadi "Sebaiknya". Dan sebagainya dan sebagainya.

#youknowyoureold. Saat kamu mulai tidak mengerti alasan saudaramu, yang masih SMP, yang membeli sesuatu barang karena dianggap "keren" dan kamu menyanggahnya dengan argumen "tapi ini kan nggak penting".

#youknowyoureold. Saat kamu sibuk protes kenapa lirik lagu mainstream masa kini tidak sepuitis lirik Januari di Kota Dili.

#youknowyoureold. Saat kamu jauh lebih antusias pergi ke Ace Hardware daripada mengunjungi Strawberry.

#youknowyoureold. Saat kamu hanya bisa elus-elus dada melihat kelakuan anak muda di acara musik televisi.

#youknowyoureold. Saat kamu bisa ngebon di burjo langganan, saking lamanya langganan di sana.

#youknowyoureold. Saat kamu hanya tahu Alessandro del Piero dan Gianluigi Buffon di skuad Juventus.

#youknowyoureold. Saat kamu kaget saat nonton RCTI di hari Minggu dan pagi-pagi sudah ada Dahsyat. "Kartunnya udah habis…hah?"

#youknowyoureold. Saat kamu lebih sibuk memikirkan target pekerjaan dibanding tujuan malam Mingguan.

#youknowyoureold. Saat pergi ke kampus dan hanya bisa pergi di pojokan karena tidak kenal dengan satupun wajah yang ada di sana.

#youknowyoureold. Saat kamu mulai dipanggil "Bu" dan mahasiswa muda harus minta izin dengan sopan sekedar untuk menarik kursi.

#youknowyoureold. Saat kamu tidak punya teman saat pulang ke rumah, karena teman-teman sebayamu sudah menikah. Ealah aku malah curhat.

Dan tentunya…

#youknowyoureold saat merasa harus menjelaskan siapa itu Rita Effendi kepada anak-anak baru di kosan, dan kamu juga termangu saat mereka menjelaskan siapa itu Jessie J.


Oh sepertinya saya sudah tua....atau mungkin saya yang kuper banget, ya? 

Au ah gelap~

Sampai jumpa di hari kesepuluh... *kiss bye*
BGM: Saling Setia - Rita Effendi.
Cemilan: Susu Ultra Moka.


2 comments:

  1. #Youknowyou'reold saat ngunjungin anak temennya nyokap yang baru ngelahirin dan nyokap di tanya kapan punya cucu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. #youknowyou'reold saat gaya bahasam sudah mulai tidak matching dengan orang-orang di sekitarmu

      Delete