Saturday, May 14, 2011

Ingin Tinggi (Balada Gadis Semampai)

Ni hwasareun trouble trouble trouble nareul no ryeosseo [As expected you’re trouble trouble trouble. It aimed at me…]” Hoot – SNSD

Itu lagu yang diputar di iPod saat saya mulai menulis. Uhh…kenapa mesti Hoot sih? Ini kan lagu yang wah-mak-jleb-banget.

Kenapa wah-mak-jleb-banget? Jadi ini lagunya SNSD. Siapa itu SNSD? Kecuali Anda tinggal di Kutub Utara, maka seharusnya Anda tahu siapa mereka. So Nyuh Shi Dae alias SNSD alias Girls’ Generation. Mereka adalah sembilan cewek Korea yang tinggi-tinggi dan kakinya puanjaaaaang puanjaaaaang. Kalo kata teman (cowok) saya sih, boneka berjalan. Halah!

Nah satu scene di video klip lagu ini yang bikin wah mak jleb banget. Jadi ada scene di mana kamera berada di posisi low angle (posisi kamera ada di bawah, lebih rendah dari level mata normal) untuk menyorot salah satu anggotanya berjalan ke depan. Kostumnya? Setelan high waist ala Star Trek (you know lah, baju berwarna keemasan yang modelnya futuristis) yang membuat kaki pemakainya terkesan lebih panjang (dan otomatis membuat mereka terlihat lebih tinggi). Scene ini yang membuat saya nyakar tembok saking keselnya. Euh….ini cewek udah tinggi banget kenapa harus dibuat terlihat lebih tinggi sih??? Trouble! Trouble! Trouble! #misuh

Choi Sooyoung. Itu namanya. Cewek ini sering saya asosiasikan dengan istilah “cewek-kaki-panjang”, “eneng-kaki-panjang”, atau “Dek Young”. Dua istilah pertama merujuk pada fakta doi adalah cewek berkaki terrrr-puanjaaaaaaang yang pernah saya lihat. Tidak cuma berkaki panjang, cewek kelahiran 10 Februari 1990 ini (hafal!) juga beruntung dianugerahi tubuh yang tinggi.

Sooyoung itu sinonim dari tinggi. Karena memang badannya tinggi. Tinggi sekali. Tinggi…tinggi sekaliiiiiiiiiiiii (kata ini harus diucapkan dengan nada “Naik-naik ke Puncak Gunung”). Dalam biodatanya, dikatakan jika tinggi badannya mencapai 170 cm. Itu pun masih ditambah keterangan “and still growing”. Singkat, padat, dan menyakitkan. Meeeen, masih bisa nambah tinggi lagi!? Itu kaki, yang sudah kaya tiang, masih bisa nambah panjang lagi? KOPROL!



(Choi Soo Young. Gadis tinggi yang berkaki panjang)


Filsafat China mengenal istilah Yin dan Yang. Begitulah gambaran hubungan saya dan Sooyoung (dikejar Sooyoungster. I better run…run…run). Jika Sooyoung itu tinggiiiii tinggiiiiii sekaliiiii, maka saya itu pendek pendek sekali. Ya, saya pendek. Pendek sekali. Sangat amat pendek.

Dengan tinggi badan yang mentok di angka 149 cm bolehlah dibilang saya ini gadis nan semampai. Semampai… semeter lima puluh tidak sampai. Survey membuktikan (halah, saya jadi terdengar seperti Sony Tulung) jika saya masih muat di alat pengukur tinggi badan yang ada di Posyandu. Pendek banget, kan? Makanya saya benci dengan alat pengukur tinggi.

Sudah pendek, berat badan saya mentok pula di angka 40 kg. Tidak kurang dan tidak lebih. Jarum angka di semua timbangan yang sudah pernah saya coba tak pernah bergeser dari angka tersebut. Tidak peduli saya cuma makan mie 3 hari 3 malam (pernah lho, betapa tidak sehatnya hidup ini) atau makan segila-gilanya orang makan (ini juga pernah, waktu seminggu di Padang). Muka pun lebih condong ke arah anak SMP kelas 3 dibanding mahasiswa (dirajam). Teori-teorian ngawur untuk ini adalah saya berhenti tumbuh di bulan Agustus 2004. Saat berat badan naik 3 kg dan tinggi badan naik 3 cm dalam tiga minggu.

Dengan figur dan muka yang seperti ini, saya sering dianggap 5-10 tahun lebih muda #berlebihan. Asyik? Asyik bang-get jika anda bisa dapet DISKON buat naik Kora-Kora di Dufan (sayangnya ga pernah. Cih!). Tapi jadi tidak asyik, bahkan menyebalkan, jika selalu dapat pertanyaan “dek, selesai UAN mau daftar SMA mana?” Hell-o, saya sudah mahasiswa semester banyak dan masih saja ada yang tanya mau masuk SMA mana? LONCAT DARI MONAS!

Chairil Anwar, dalam “Aku”, pernah bermimpi “Aku ingin hidup seribu tahun lagi”. Sayangnya, saya tidak sekeren beliau, jadi saya cuma bisa bermimpi “Aku ingin tumbuh 20 sentimeter lagi”. Ya…ga segitu juga ga papa sih. Sepuluh, sebelas, atau lima belas sentimeter lagi juga tak apa. Asal bisa melewati angka 150 cm. Asal tidak lagi jadi gadis semampai. Ya…nasib!

Bukannya pasrah pada nasib. Saya berusaha buat jadi tinggi kok. Soalnya saya memang ingin tinggi dari dulu. Makanya saya dulu minum Milo sampai tiga gelas sehari. Walaupun itu cara yang salah (baca di sini). Makanya dulu saya rajin olahraga. Apa saja, asal orang bilang itu bisa ninggiin badan. Renang, basket, sampai gelantungan di tiang mainan TK saya lakukan. Tapi tetap saja tidak berpengaruh. Waktu main basket, saya selalu dipasang sebagai Point Guard. Praktis, saya lebih sering memberikan assist dibanding melakukan shoot. Sekalinya shoot, ya itu jump shoot, bukan lay up, apalagi dunk (tiang basket itu tinggi, kakak…). KAPAN TINGGINYA?

Sampai sekarang pun saya masih ingin bertambah tinggi. Tak peduli dengan orang-orang yang mengatakan jika wanita berhenti tumbuh di usia 21 tahun. Toh, Amami Yuki bilang jika dia masih tumbuh sampai usia 25 tahun. Uraaaaaa! Tante BOSS ini memag angker! Tirai belum tertutup untuk saya, kawan….

Saya ingin tinggi. Benar-benar ingin tinggi. Sampai eneg dan blenger rasanya beli Anlene One A Day, susu yang konon kalsiumnya lebih tinggi dari susu yang lainnya. Sampai eneg juga rasanya beli Cimory, karena katanya yoghurt memiliki kalsium yang lebih tinggi dibanding susu. Kayaknya semua metode untuk menambah tinggi badan sudah saya coba namun hasilnya nihil. Semua, kecuali memakai high heels, stiletto, atau sepatu ulekan ber-hak pembunuh (killer heels). Tapi yang ini sih memang tidak berniat untuk mencobanya. Ih ogah ogah ogaaaah! Mending beli Nike Zoom atau Reebok PUMP.

Dua hari yang lalu, ada rumor jika SNSD akan konser ke Jakarta tanggal 22 Oktober. Saya mulai terpikir untuk beli stretcher badan atau insole 20 cm. Biar apa? Biar tambah tinggi lah, biar ga malu waktu foto sama Dek Young. Jika itupun gagal, apa boleh buat, saya mungkin akan menyelinap ke belakang panggung untuk mengekstrak DNA Sooyoung….

SALAM KOPROL!

9 comments:

  1. :)
    Semangat may!! Nothing is impossible. :P

    ReplyDelete
  2. wew, dek Young dkk emang ngegemesin banget deh * macak om2,,haha,,smgt cum!!:D

    ReplyDelete
  3. yah artis korea mah gak ada apa-apanya mbak, coba tengok nih > http://beautylegselection.tumblr.com/ hehe

    ReplyDelete
  4. iseng2 liat blog, eh nyangkut disini...hehehe ceritamu lucu..bikin org cengar-cengir kuda..semangat y..btw tinggi nya udah nambah kah?

    ReplyDelete
  5. Wah ternyata artis korea itu masih kalah tinggi ama aku, Kenalin, Aku Tyas, kelas 3 smp dan tinggiku 174 cm. Memang senang si punya tubuh tinggi, karena dimana mana jadi pusat perhatian. Karena itu aku masih pengen tambah tinggi, ga bisa ngebayangin jadi setinggi apa nanti saat aku SMA. Semangat minum susu dan renang!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  6. Tambah tinggi badan 5 cm secara cepat http://tokoonlineanugrah.blogspot.com/2012/04/i-up-silicon-gel-yang-dapat-menambah.html

    ReplyDelete
  7. tyas@ tukang pamer,,percuma tinggi tapi tulang belulang malah ga ada yg doyan cowo

    ReplyDelete
  8. tyas@ tukang pamer,,percuma tinggi tapi tulang belulang malah ga ada yg doyan cowo

    ReplyDelete