Saturday, May 26, 2012

Karena Mie Instan Itu Istimewa



Bagi kalangan mahasiswa, terlebih mahasiswa kos, penemuan bernama mie instant pastilah menjadi salah satu oshimen item favorit dalam kehidupan sehari-hari. Praktis, harganya terjangkau, cepat dibuat, mengenyangkan, dan tinggi kalori (semuanya alasan tidak bermutu). Padhyangan project saja merasa harus memasukkan makanan ini dalam lirik lagu fenomenal mereka:
“Aku makan tiap hari, kadang cuma makan mie, gimana ga kurang gizi”
Saya sering bilang, sambil setengah bercanda, jika badan anak kos di-scan mungkin isinya cuma kafein, pengawet, dan msg (baca: racun semua). Sungguh luar biasa badan kita mampu menampung itu semua. Tapi…suka tidak suka, mau tidak mau, diakui atau tidak, mie instant adalah sebuah bagian dari kehidupan kita, para pejuang ilmu di rantau.

Terus kapan gitu ya, ya pokoknya sudah agak lama gitu deh, Kak @bramadr (itu lho yang jadi model video klipnya Bondan) posting tentang daftarmie terlezat di dunia versi situs seriouseats.  Berhubung saya sudah lama kuliah bergelut di dunia mie-mie ini, sepertinya bukan ide yang buruk jika sekedar berbagi mengenai jenis mie instant favorit dari banyaknya jenis dan rasa yang ada di pasaran. Perlu diingat, list ini tidak menyertakan Indomie Goreng Keriting karena harganya yang terlalu mencekik leher <-- kalimat ini diralat karena Indomie Keriting lezatnya keterlaluan.
Pop Mie dan rombongannya bisa kita keluarkan dari list ini karena oh karena produk tersebut ada pangsa pasarnya sendiri, yaitu mie instant dalam kemasan. Nanti lah kapan-kapan saya bikin postingan tentang Pop Mie dan teman-temannya.
Jadi apa sajakah mie favorit sayah? *jreng jreng jreng* *tiba-tiba petir menyambar*
5.  Gaga 100 Extra Pedas (harga: Rp.1.400)
Mie cepek merupakan nama lain mie keluaran produsen sarden ini. Dulu, dulu sekali, mie ini dikenal karena iklannya yang catchy dengan frase “satu kurang, dua kebanyakan…yang pas ya mie cepek”. Jujur sebelum ngekos saya belum pernah makan mie ini. Nah alkisah suatu hari mbak kosan saya merebus mie ini dan saya icip-icip eh ternyata enak jugak.
Andalan utama mie ini ada di porsinya yang jumbo, walau tidak sejumbo mi duo (anak 90-an mesti tahu ini). Tapi tidak cuma itu saja ternyata saudara-saudari. Justru bumbunya yang mencuri hati saya. Gaga tidak bohong menyematkan kata extra pedas di mie ini karena bumbunya pedas sekali. Sungguh saya selalu bersin-bersin setiap kali membuka bungkus bumbunya. Usut diusut benang kusut ternyata cabe rawit menjadi salah satu bahan bumbunya. Pantaslah.
4. Mie Sedaap Rasa Kari Spesial (Harga: Rp 1.300)
Tidak salah jika produk paling paten keluaran Wings Food ini ditasbihkan sebgai mie instan terlezat di dunia. Mienya kental dan gurih serta bumbunya berani. Kunci kelezatannya bertumpu di kuahnya yang jos gandos sekali. Hmmm bagaimana menjelaskannya ya? Kuahnya kental dan bumbunya berani. Rasa gurih dari santan dan kuatnya rempah kari berpadu sempurna. Yang bikin asoy adalah kuahnya bisa mengental jika didiamkan beberapa lama. Pokokmen mie ini sangat lezat dan kadar kelezatannya akan naik beberapa level saat dikonsumsi sewaktu hujan deras dan Anda sangat kelaparan karena sudah seharian tidak makan lalu sialnya waktu pulang ke kosan tiba-tiba kehujanan. Yea right!
 3. ABC Selera Pedas Rasa Sup Tomat. (Harga: Rp 1.400)
“Penulis artikel ini pasti belum pernah makan ABC Pedas Rasa Tomat” itulah reaksi saya begitu membaca artikel mi instan di seriouseats. Enggak, ini bukan gegayaan, soalnya ABC Selera Pedas ini…lezat sekali.
Mienya memang agak berbeda dengan mie Sedaap atau Indomie. Tipis dan agak kaku membuat kita yang tidak pernah mengonsumosinya menjadi agak canggung. Namun simpan dulu segala komplainmu. Cara terbaik untuk menikmati mie ini adalah dengan menyeruput kuahnya terlebih dulu.
Di sinilah letak keunggulan ABC Pedas Rasa Sup Tomat. Bumbunya dari awal memang sudah pedas menyengat. Itu pun masih ditambah dengan bubuk cabai dan minyak bumbu yang, pedas juga. Kombinasi semuanya menjadikan kuah mie ini sangat terasa pedasnya. Yang bikin yahud, rasa tomatnya pun masih bisa dirasakan. Rasa pedas dan rasa tomat yang berpadu sempurna menjadikan mie ini sungguh sedap untuk diseruput.
2. Indomie Goreng (Harga: Rp. 1.400)
Adalah sungguh berdosa untuk tidak memasukkan varian Indomie nan legendaris ini ke dalam daftar yang saya buat. Keunggulan Indomie Jumbo adalah bumbunya yang terasa pas. Tidak kurang namun juga tidak terlalu kuat. Semuanya menjadikannya pas di lidah, tidak membuat kita sampai eneg atau merasa menambahkan, err, merica lada hitam gitu misalnya ke makanan kita.
Satu hal yang saya sadari dari Indomie Jumbo adalah mie ini tidak membuat panas di perut atau tenggorokan. Dan itu membuat mie ini semakin plus plus di mata saya. Yippi yippi
 Dan pemenangnya jatuh pada.......*tarakdungjess*
1. Indomie Goreng Jumbo Rasa Ayam Panggang (Harga Rp. 2.500)
Ibarat anggota AKB48, dia adalah Oshima Yuko, alias member favorit saya. Emm oke artinya mie ini adalah mie instan favorit saya. Keunggulan utamanya berada pada mienya yang kenyal dan teksturnya menyerupai mie keriting, Tentunya lo-lo pade tahu kan betapa enaknya mie jenis itu.
Sektor bumbu juga patut diacungi jempol. Rasa ayam panggang sangat terasa di bumbunya. Kadang saya tidak begitu suka bumbu yang terlalu kuat karena asinnya tidak lidahsiawi. Namun beda dengan Indomie Goreng Jumbo Rasa Ayam Panggang (panjang ye cyin), karena rasa asinnya masih bisa ditolerir oleh lidah saya. Kenikmatan semakin bertambah dengan disertakannya sayuran kering dan baso ayam dalam paketnya. Sippirili.
Dan ya jangan dilupa, ini Indomie Jumbo. Porsi Jumbo = melipatgandakan rasa kenyang. Sappilari!
Nah jadi itulah permirsa eh pembaca mie instan favorit saya. Ini pilihanku, mana pilihanmu? *zoom in zoom out*
 BGM: Hollywood - The CranberriesCemilan: 

3 comments:

  1. wah selera kita sama bener ini bro
    gw jg suka bgt tuh mie gaga extra pedas (karena ga nipu", asli PEDAS BGT)

    tapi yang tetap juara 1 ya mie jumbo ayam panggang :D
    klo biasa ama temen" gw 3 orang beli nya bisa ampe 5 bungkus (padahal uda jumbo gt) hahaha

    1 lagi favoritku itu indomie goreng cabe ijo. aroma cabe ijo nya nendang dan mnurut gw disitu letak enaknya. rasanya juga ga biasa. banyak orang bilang pada ga suka indomi yg satu itu. emang lidah gw anti mainstream kali ya haha

    ReplyDelete
  2. Gaga mie 100 itu dah paling enak.. Mie nya kenyal bumbu nya mantep....

    ReplyDelete
  3. Semakin kenyal semakin banyak racunnya wkwkw~

    ReplyDelete